Bogorsportif – Pemerintah Kabupaten Bogor menganggarkan Rp 800 juta lebih untuk pembuatan detail engineering design (DED) pembangunan empat kantor layanan publik di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi.

Antara lain kantor Desa Banjarsari, Kantor UPT Pajak Daerah Ciawi, Puskesmas Banjarsari dan Koramil 2122 Ciawi.

Adapun lahan yang digunakan untuk pembangunannya berasal dari hibah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seluas 4.015 meter persegi di Desa Banjarsari.

Mengutip laman LPSE Kabupaten Bogor, penyusunan DED gedung kantor Desa Banjarsari, Koramil 2122 Ciawi, Puskesmas Ciawi dan Kantor UPT Pajak Daerah Ciawi mulai dilelangkan. Adapun anggaranya bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2024 sebesar Rp 870 juta.

Camat Ciawi, Sutisna berharap setelah tahapan penyusunan DED selesai, langsung dilanjutkan dengan pembangunan gedungnya. Sebab jika melihat kondisinya, pembangunan keempat kantor pelayanan publik tersebut sangat dibutuhkan.

Semisal kantor Desa Banjarsari, kantor yang saat ini ditempati tidak representatif dan kecil, halaman parkir untuk kendaraan sangat sempit. Demikian halnya dengan Puskesmas Banjarsari.

Kemudian kantor UPT Pajak Daerah Ciawi, belum punya gedung sendiri dan masih ngontrak di sebuah ruko.

Lalu markas Kormail 2122 Ciawi, berada di wilayah Kota Bogor, tepatnya di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan.

“Mudah-mudahan setelah DED rampung disusun, Pemkab Bogor menganggarkan untuk pembangunan gedungnya,” harap Camat Ciawi.

Saat Bupati Bogor masih dijabat Iwan Setiawan, dia
berkeinginan pembangunan sejumlah kantor pemerintahan di lahan  pemberian KPK seluas 4.015 m2 di Desa Banjarsari, bisa dilaksanakan tahun 2024.

“Mudah-mudahan detail engineering design atau DED selesai tahun ini dan 2024 sudah mulai pembangunan. Kita ingin pelayanan masyarakat semaksimal mungkin dengan keberadaan fasilitas yang representatif,” kata Iwan Setiawan saat itu.

Di lahan tersebut, Pemkab Bogor memanfaatkan untuk merelokasi kantor Desa Banjarsari karena selama ini keberadaannya tidak representatif.

Kemudian juga akan dibangun kantor UPT Pajak Daerah Wilayah Ciawi, Puskesmas Banjarsari dan Koramil 2122 Ciawi-Caringin.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Bogor mendapatkan hibah dari KPK dengan total nilai aset Rp.6.051.763.000 berupa tanah di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi dengan luas 4.015 meter persegi dengan nilai Rp.5.265.110.000.

Dituangkan dalam Keputusan Menteri Keuangan No: S-458/KN.4/2023 tanggal 24 Maret 2023 tentang persetujuan hibah barang milik negara yang berasal dari barang rampasan negara pada Pemerintah Kabupaten Bogor.

AK