Operasi pasar murah di Pasar Cigombong yang dilakukan Pemkab Bogor, Kadi. Serta PD Pasar Sabtu 02 Maret 2024 || Diskominfo

Bogorsportif – Kendalikan harga beras, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan PD Pasar Tohaga gelar operasi pasar khusus beras bagi masyarakat, yang berlangsung di Pasar Cigombong Kecamatan Cigombong, pada Sabtu (2/3/24).

Sedikitnya dua ton beras akan disalurkan untuk warga masyarakat Kabupaten Bogor melalui gelar operasi pasar yang akan dilaksanakan secara bergilir di pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menerangkan, operasi pasar dilakukan sebagai upaya Pemkab Bogor bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengendalian inflasi dan menekan harga-harga kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor salah satunya harga beras.

“Hari ini alhamdulillah bersama stakeholder terkait dalam rangka pengendalian inflasi di Kabupaten Bogor hadir bersama kami Forkopimda didampingi Kepala Bulog Bogor, Ketua Kadin dan jajaran Dirut Pasar Tohaga melaksanakan operasi pasar khususnya beras karena dalam rangka pengendalian harga terutama di tingkat masyarakat,” jelas Asmawa Tosepu.

Menurutnya, operasi pasar juga dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah kemudian mendapatkan akses membeli beras. Karena dipasaran harga beras lima kg dijual di angka Rp.76-80 ribu, tetapi dengan operasi pasar atas dukungan Bulog, Kadin dan PD Pasar Tohaga tentunya bisa dijual di tingkat masyarakat Rp.53 ribu.

“Giat ini sangat penting, dalam rangka menghadapi Ramadhan sehingga warga masyarakat punya akses yang lebih luas dan terbuka. Alhamdulillah hari ini sudah disalurkan 10 ton beras kemudian dalam perjalanan ada tambahan lagi 10 ton dari Bulog,” bebernya.

Asmawa menegaskan, operasi pasar ini akan rutin dilaksanakan di Kabupaten Bogor secara giliran di wilayah Kabupaten Bogor.

“Hari ini giliran Pasar Cigombong, besok di kecamatan lain sampai saatnya nanti harga beras ditingkat pengecer itu bisa stabil kembali,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Forkopimda, Ketua Kadin, Dirut Pasar Tohaga, Kepala Bulog Bogor.***