Petugas gabungan berjibaku mengevakuasi pohon tumbang di jalur Ciawi – Gadog Jumat 15 Maret 2024 || IST

Bogorsportif – Lagi lagi Pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Raya Ciawi arah Gadog, Kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi dalam sebulan terakhir di jalan tersebut.

Terbaru, pohon besar tumbang hingga menutup akses jalan tersebut pada Jum’at 15 Maret 2024 sekitar pukul 16.00 WIB. Petugas Damkar, BPBD, dan aparat lainnya segera turun mengevakuasi pohon tersebut yang menghalangi jalur menuju puncak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistis pada BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani menjelaskan, pohon tersebut tumbang menimpa bagian atap warung dan juga kabel listrik hingga menutup akses jalan.

“Proses evakuasi dilakukan menggunakan gergaji mesin untuk memotong pohon menjadi beberapa bagian. Dibantu petugas di lokasi untuk mempercepat proses evakuasi,”jelasnya.

Selama proses evakuasi tersebut berlangsung, petugas menerapkan rekayasa lalu lintas dengan menutup akses jalan tersebut dan mengalihkan pengguna jalan ke jalan alternatif.

Sementara itu, Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat mengaku telah meminta Kementerian PUPR untuk segera memangkas pohon-pohon di jalur tersebut. Pasalnya, sudah tiga kali berturut-turut pohon tumbang di jalur tersebut dalam waktu yang berdekatan.

“Dalam satu bulan ini sudah tiga kali terjadi pohon roboh, kita mengimbau kepada PURP supaya segera dipangkas,” tuturnya

Sebelumnya, pohon besar tumbang hingga menimpa sebuah kendaraan mobil tepat di jalan tersebut pada Selasa 27 Februari lalu. Kemudian pada Kamis 14 Maret kemarin dan disusul pohon tumbang selanjutnya pada 15 Maret beruntung pada setiap kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Cev