Technical meeting (TM) Festival Olahraga Marching Band (FOMB) 2024, di lantai V ruang rapat gedung DPRD Kota Bogor, Minggu 28 April, 2024. || IST

Bogorsportif – Pengurus Kota Persatuan Drum Band Indonesia (Pengkot PDBI) Bogor menggelar technical meeting (TM) Festival Olahraga Marching Band (FOMB) 2024, di lantai V ruang rapat gedung DPRD Kota Bogor, Minggu 28 April, 2024.

Jika tidak ada aral melintang pelaksanaan FOMB 2024 ini akan berlangsung pada Minggu 19 Mei mendatang, di GOR Indoor A Pajajaran.

Ketua Panitia FOMB 2024, Ari Syarifudin mengatakan, pelaksanaan TM bertujuan memberi informasi tentang aturan-aturan lomba. “Total ada 23 tim peserta yang ikut FOMB,” katanya

Ari menjelaskan, untuk tahun ini ada sejumlah perubahan jika dibandingkan FOMB tahun lalu. diantaranya peningkatan jumlah peserta.

“Tahun lalu diikuti 17 tim saja. Kali ini diperkirakan bisa mencapai 30 peserta, karena kami masih membuka pendaftaran hingga 17 Mei mendatang,” jelas Ari.

Masih kata Ari, dari penilaian utama, Dimana tahun lalu ada empat kategori yakni alat tiup melodi, perkusi, bendera dan visual effect. Sedangkan untuk kategori penilaian individu ada pada field commander, mayoret serta busana. “Pada FOMB tahun ini visual effect dihapus dari penilaian utama,” ucap Ari.

Adapun FOMB diikuti peserta dari taman kanak-kanak (TK) hingga SMP dan sederajat. Ari memiliki alasannya.

“Kenapa ada jenjang TK? Karena olahraga drum band sudah berkembang sehingga menjadi ajang evaluasi dan menunjukkan kreativitas unit di drum band. Apalagi saat Covid-19, sudah jarang lagi ada kejuaraan drum band sangat jarang. Hanya sejumlah tempat wisata yang konsisten sejak usai pandemi. Jadi, anak-anak sambil bertanding sambil bermain Kalau FOMB ini murni kejuaraan,” tukasnya.***