Bogorsportif – Ketua harian AJPLI Ayatuloh Humaeni menyerukan dan menolak calon pemimpin Bogor yang tidak peduli atau acuh terhadap lingkungan. Pasalnya Kota dan kabupaten Bogor saat ni masih banyak memiliki ‘pekerjaan rumah’ yang harus diselesaikan terkait Persoalan lingkungan hidup

Ayat sapaan akrabnya mengaku, menolak calon pemimpin kepala daerah yang tidak peka terhadap persoalan lingkungan hidup dan ekosistemnya

“Kami menolak semua calon bupati yang tidak peduli terhadap lingkungan.,” bebernya di sela pertemuan pembubaran panitia Sedekah Sungai di kawasan Sentul, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 13 Agustus, 2024.

Pria yang menggeluti jurnalistik di media televisi nasional ini menyebut, siapapun pemimpinnya dari partai manapun dan latar belakang apapun harus tetap peduli terhadap Bogor.

“Jadi siapapun pemimpinnya, siapapun orangnya, dari partai manapun dan mereka yang akan menjadi Walikota atau Bupati, harus peduli terhadap lingkungan di Kota dan Kabupaten Bogor,” sebutnya.

Di lingkungan itu, masih kata ayat, ada kearifan lokal, adat, kultur, budaya, dan lainnya, dia harus paham itu, bagaimana mungkin dia ingin jadi Bupati atau walikota sementara dia tidak paham dengan segala persoalan terutama lingkungan hidup yang sampai hari yang tidak selesai-selesai.

“Harus diingat dalam menyelesaikan persoalan lingkungan hidup harus berbasis kearifan lokal,kultur,adab dan budaya nah bagaimana mungkin para cabup dan cawalkot ini bisa menyelesaikan persoalan lingkungan hidup sementara dia sendiri tidak mengerti kultur adab dan budaya Bogor. Ini penting,” tegas Ayat.

Ayat mengungkapkan, contoh kecil saja saat ini tumpukan sampah liar di setiap desa, di jalan-jalan pemukiman dan jalan utama itu terlihat kumuh.

“Kita uji di situ kepedulian para calon pemimpin ini kita mulai dari hal-hal kecil untuk membuang sampah,”bebernya.

Lebih lanjut Ayat mengatakan, saat ini para cawabup dan cawalkot hanya fokus soal kampanye dan pencitraan mereka tapi gagal paham soal lingkungan hidup.

“Fokus mereka kan saat ini hanya pencitraan dan untuk meraih simpati masyarakat. Tapi mereka tidak pernah peduli soal lingkungan hidup. Pernah gak mereka ngoceh sedikit aja soal lingkungan hidup?. Kan tidak pernah,” tutupnya..

Untuk mengetahui, Aliansi Jurnalis Peduli Lingkungan Indonesia (AJPLI) merupakan organisasi yang fokus peduli dengan lingkungan, khususnya wilayah Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya AJPLI pernah menggelar diskusi sekaligus sedekah sungai di Kampung Cikuda, Desa Wanaherang, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Selasa (9/7/2024), yang dihadiri KLHK, DLH Jawa Barat, DLH Kabupaten Bogor, Camat Gunung Putri dan tokoh masyarakat. ***