Bogorsportif – Pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII/2024 tinggal menghitung hari. Kompetisi khusus penyandang disabilitas ini akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 6-13 Oktober.

Kontingen Jawa Barat mengincar juara keenam kali. Sejak digelar pada 1957, Jabar dan Jawa Tengah menjadi provinsi terbanyak peraih juara umum yakni 5 kali. Provinsi DKI Jakarta menyusul dengan 4 kali dan Sulawesi Selatan serta Papua masing-masing 1 kali.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat, Iman Imanudin mengatakan, pasukannya siap tempur di.Peparnas XVII/2024 Solo. Bahkan ia menargetkan meraih juara umum.

“Untuk bisa juara umum, persentase perolehan medali tidak boleh kurang dari 22 persen. Berdasarkan perhitungan. Maka itu, Dldari sekitar 650 medali emas yang diperebutkan di Peparnas, kami menargetkan perolehan 114 medali emas,” ujarnya pada wartawan.

Agar target tersebut tidak meleset, menurutnya 32 medali emas harus dijaga ketat, khususnya dari kategori tunanetra. Jika jumlah medali emas dari tunanetra ditambahkan, maka totalnya menjadi 146 medali emas.

“Dengan perolehan medali sebanyak itu, dengan demikian sudah berada di kisaran 22 persen, yang berarti aman untuk meraih gelar juara umum,” katanya.

Iman Imanudin menyatakan, menjelang hari H Peparnas XVII/2024 Solo, persentase kesiapan mencapai 100%, dengan catatan tidak ada kendala mendadak.

Meski demikian, aspek mental atlet menjadi perhatian utama. Ia tidak ingin faktor non-teknis mengganggu konsentrasi para atlet.

Sementara itu, Ketua Umum NPCI Jabar, Hari Susanto, terobsesi keberhasilan kontingen Jabar menjadi juara umum PON Aceh-Sumut 2024.

Menurutnya, menjadi motivasi bagi NPCI untuk mencapai kesuksesan serupa di Peparnas.

“Keberhasilan KONI Jabar di PON menjadi inspirasi bagi kami untuk meraih prestasi di Peparnas. Kami siap bertanding dan fokus meraih medali,” tuturnya.

Hari Susanto mengungkap, NPCI Jabar mengirimkan 347 atlet untuk menghadapi Peparnas XVII/2024 Solo. “Kalau total kontingen NPCI Jabar berjumlah 555 orang,” sebutnya.

Puluhan atlet Kabupaten Bogor

Puluhan atlet binaan NPCI Kabupaten Bogor akan membela Jabar di Peparnas XVII/2024 Solo.

”Alhamdulilah ada puluhan atlet binaan NPCI Kabupaten Bogor yang dipercaya Jabar untuk berjuang memperebutkan medali emas di Peparnas 2024,” ujar Ketua NPCI Kabupaten Bogor, M Misbah.

Dia menjelaskan, puluhan atlet tersebut berasal dari 14 cabang olahraga. Antara lain atletik, angkat berat, panahan, menembak, tenis meja, badminton, catur, balap sepeda, taekwondo, judo tunet, goal boal, tempin bowling, tenis kursi roda dan renang.

Misbah optimis para atletnya dapat mendulang emas sebanyak-banyaknya di Peparnas.

” Pada Peparnas XVI/2021 Papua, para atlet NPCI Kabupaten Bogor menyumbangkan 26 emas, 25 perak dan 21 perunggu bagi Kontingen Jawa Barat,” terangnya.

Peparnas XVII sejatinya digelar di Sumatra Utara, akan tetapi di alihkan ke Solo lantaran tuan rumah tidak siap. ACH