Bogorsportif – Satuan Pelatihan (Satlat) Ciawi tak pernah kehabisan stok menelurkan atlet tarung derajat berbakat.

Beberapa petarung mengharumkan nama Kabupaten Bogor, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Sebut saja, Muhammad Denis juara Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIII Jawa Barat, Rizki Rangkuti (Dolay) petarung  kelas 78 kg dan Dian Permana di kelas 75-76 kg merupakan penyandang juara Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tarung Derajat piala Gubernur Jabar tahun 2023.

Kemudian Muhammad Ridwan alias Obet yang bertarung di kelas 61.5-67.5 kg merupakan peraih medali perak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara.

Belum habis masa keemasan keempat atlet tersebut, kini muncul satu lagi talenta berbakat yakni Mohammad Rama.

Omay, sapaan karibnya, bertekad menjadi bagian Kabupaten Bogor di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XV/2026 Kota Bogor, Kota Depok dan Kota Bekasi.

“Sebentar lagi akan digelar kejuaraan antar satuan pelatihan atau Kejursat Tarung Derajat tingkat Kabupaten Bogor yang menjadi tahapan seleksi atlet untuk menghadapi babak kualifikasi atau BK Porprov Jabar 2026. Saya akan berjuang supaya bisa masuk,” ujar Omay, Kamis (3/10/2024).

Dia mengaku tak hanya mengikuti latihan rutin di Satlat Ciawi. Agar kemampuan dan mentalnya meningkat, juga melakukan latihan secara mandiri.

“Persiapan menghadapi Kejursat Tarung Derajat Kabupaten Bogor, latihan rutin dengan sparing antar sesama atlet di Satlat Ciawi. Saya juga latihan sendiri agar fisik dan lainnya tetap terjaga,” katanya.

Omay optimis menjadi bagian tim tarung derajat Kabupaten Bogor di Porprov Jabar 2026 mendatang.
Sebagaimana diketahui, seleksi atlet akan dilakukan Pengurus cabang (Pengcab) Tarung Derajat Kabupaten Bogor, untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XV/2026 Kota Bogor, Kota Depok dan Kota Bekasi.

Sekum Pengcab Tarung Derajat Kabupaten Bogor, Entang Wiharna mengatakan, proses seleksi akan dilakukan dengan menggelar kejuaraan antar satuan pelatihan (satlat) memperebutkan piala Ketua Pengcab Kabupaten Bogor.

“Rencana sebelum babak kualifikasi atau BK Porprov Jabar 2026 yang pelaksanaannya dalam waktu dekat, Pengcab Tarung Derajat Kabupaten Bogor akan mengadakan kejuaraan antar satlat. Ajang ini sekaligus sebagai seleksi atlet yang akan duturunkan untuk BK tersebut,” ucapnya