(Sumber foto iStock)

Siapa yang tidak tahu dengan lebah madu ?

Sobat Bogorsportif.com
Lebah madu adalah serangga sosial kaya manfaat. Semua yang dihasilkan oleh lebah madu dikenal berkhasiat untuk kesehatan. Secara umum, madu itu memiliki pengertian yaitu sebuah cairan yang kental dan berwarna kuning pucat atau kuning keemasan, yang memiliki rasa dan bau yang khas yang dihasilkan oleh lebah madu atau sejenis serangga yang disebut dengan tawon.

Madu, telah lama digunakan secara tradisional untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan medis dan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa kebaikan dan manfaat madu untuk anak:

Dikutip dari ( Universitas Airlangga)
Manfaat madu untuk anak yang pertama adalah sebagai sumber energi. Madu mengandung gula alami, yakni fruktosa dan glukosa. Kandungan gula ini bersumber dari karbohidrat yang dibutuhkan sebagai bahan bakar atau energi agar anak lebih semangat menjalani aktivitasnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Madu juga mengandung zat yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan pada madu juga terbukti mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit.

Meredakan batuk dan pilek
Batuk, pilek, dan sakit tenggorokan adalah beberapa gejala dari peradangan pada saluran pernapasan. Anak-anak sering mengalami hal tersebut ketika ia terkena flu atau ISPA. Nah, menurut beberapa penelitian, madu terbukti mampu meredakan batuk dan pilek pada anak serta meredakan peradangan pada saluran nafasnya.

Dalam meredakan batuk, manfaat madu bahkan terlihat memiliki efek yang sama manjurnya dengan obat batuk. Anak yang diberikan 1,5–2 sendok teh madu saat hendak tidur terlihat dapat beristirahat lebih nyaman dan tidur lebih lelap karena batuknya berkurang setelah diberikan madu.

Baik untuk kesehatan pencernaan
Madu mengandung prebiotik alami yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan. Manfaat madu ini penting untuk menjaga kesehatan pencernaan Si Kecil. Madu pun dapat membantu menambah nafsu makan Si Kecil.

Hasil studi dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu mampu meredakan gangguan pencernaan, seperti konstipasi dan nyeri perut pada anak.

Menyembuhkan luka lebih cepat
Anak-anak cenderung aktif ketika bermain, sehingga rentan terjatuh dan terluka. Nah, madu ternyata juga dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Cara menggunakannya sangat mudah, setelah luka dibersihkan, oleskan madu pada area kulit yang terluka. Madu dapat dioleskan sebanyak 2–3 kali sehari hingga luka sembuh. Masih banyak manfaat lain dari madu.

” Nahh itu tadi sebagian dari manfaat lebah madu, sobat Bogorsportif jangan lupa stok madu dirumah ya, selalu jaga kesehatan” (Ly)