Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan || Dok Bogorsportif.com

Bogorsportif – Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan anggaran mencapai Rp 84 miliar untuk gaji ke 14 atau tunjangan hari raya (THR) Lebaran 2024.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kabupaten Bogor, Achmad Wildan memastikan anggaran untuk pembayaran THR ASN dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) sudah siap tersedia.

Untuk pegawai berstatus ASN jumlahnya sebanyak 13.071 orang dan PPPK berjumlah 6.334 orang.

“Sudah ready (anggaran), THR akan diberikan pada H-10 atau maksimal.pada 26 Maret 2024,” ujarnya Rabu 20 Maret 2024

Wildan menjelaskan bahwa THR akan diberikan pada ASN dan PPPK. Pegawai non ASN atau honorer tidak menerimanya.

‚ÄúTenaga honorer itu regulasinya tidak ada. Kemudian honorer itu masuknya ke belanja barang dan jasa, bukan belanja pegawai,” ucapnya.

Adapun besaran THR yang diberikan akan diberikan satu bulan gaji. Misal untuk ASN golongan IV akan menerima Rp 4-5 juta. THR ditransfer ke rekening masing-masing pegawai atau penerima karena sistem sekarang sudah bukan nontunai.

“Kalau melihat data, penerima gaji ke 14 atau THR terbanyak di Kabupaten Bogor adalah ASN golongan III B dan III D. Dari 13 ribu lebih ASN, ada 3 ribu lebih jumlahnya,” kata dia.

Wildan melanjutkan, selain menyiapkan anggaran untuk THR, Pemkab Bogor juga sudah menyediakan untuk alokasi tambahan penghasilan pegawai (TPP) bagi ASN. Besaran anggarannya sekitar Rp 34 miliar.

“Penerima TPP terbesar adalah ASN dengan golongan kepangkatan tertinggi,” terangnya.

ACK