Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu : Dok Bogorsportif

Bogorsportif – Lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor masih berproses. Siapa sekda terpilih akan diumumkan pada 26 April 2024.

Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menegaskan tidak akan melakukan intervensi terhadap proses seleksi terbuka jabatan sekda yang saat ini sudah masuk tahapan penulisan makalah.

Ia menyerahkan prosesnya pada panitia seleksi (pansel) sehingga pelaksanaannya clean dan clear.

“Sampai tahapan hari ini (penulisan makalah), jumlah pendaftar masih 14 orang. Kita serahkan ke pansel karena saya tidak ikut campur. Biarlah mereka (pansel).yang merekomendasikan siapa yang layak untuk menjadi Sekda Kabupaten Bogor,” kata Asmawa ditemui saat kunjungan kerja di Kecamatan Ciawi, Senin 22 April 2024

Asmawa Tosepu mempersilakan sepenuhnya pada pansel untuk memproses sesuai aturan siapa yang layak dipilih menjadi sekda.

“Saya persilakan saja dan tidak pernah saya masuk kedalam ya. Saya hanya ingin tau hasilnya seperti apa dan kira kira ingin direkomendasikan siapa,” tegasnya.

Kepala Biro Umum Kemendagri itu juga menepis rumor bahwa dirinya akan merekomendasikan sosok calon sekda yang berlatar belakang dari kalangan IPDN.

“Ga ada, ga pernah. Pak Bayu (Kepala Diskominfo)  ini dekat dengan saya,  buktinya tidak ikut campur. Justru saya mendorong semua pejabat ikut, contoh Bu Dirut RSUD Ciawi. Jadi insya Allah isu itu tidak ada,” ucapnya.

Pj Bupati Bogor berharap sekda yang terpilih nanti punya visi dan gagasan untuk mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi maju sejahtera berdasarkan kemampuan di daerah ini. Sebab
untuk membangun Kbupaten Bogor ini tidak bisa hanya satu kelompok saja, harus semua
Dan kita membuka ruang silakan, artinya kita serahkan ke pansel dan penilaian mereka saja,” dia menegaskan.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan open bidding jabatan sekretaris daerah (Sekda) pengganti Burhanudin yang segera pensiun bulan depan

Senin (22/4/2024) masuk tahapan penulisan makalah terhadap 14 pendaftar.

Hasil tes diumumkan pada 23 April. Calon yang lolos kemudian akan menjalani tes uji gagasan  pada 24 April 2024 digelar uji gagasan. Selanjutnya sekda terpilih diumumkan pada 26 April.

Terdapat 14 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak. Sekda terpilih diumumkan pada 26 April mendatang.

Pendaftar lelang jabatan sekda di antaranya, Ajat Rochmat Jatnika, Kepala Bappeda  Kabupaten Bogor, Asnan, Kepala Dispora Kabupaten Bogor, Fusia Meidiawaty, Direktur RSUD Ciawi dan Hadijana, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor.

Lalu Iman Wahyu Budiana, KepalaDinas Koperasi UKM Kabupaten Bogor, Kusnadi, Direktur RSUD Cileungsi, Mely Kamelia, Kepala BPKAD Kabupaten Bogor, Nurhayati, Kepala Disnakan Kabupaten Bogor dan Irwan Purnawan, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bogor

Selain itu juga ada nama Renaldi Yushab Fiansyah, Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Suryanto Putra, Asisten Ekbang SetdaKabupaten Bogor, Yudi Santosa, Kepala Dishudpar Kabupaten Bogor, Yukie Meistisa Anandaputri, Direktur RSUD Cibinong dan Vitrie Winastri, Direktur RSUD Leuwiliang.

ACK