Bogorsportif – Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerima kunjungan Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, di Ruang Rapat Sekda, Cibinong, Kamis, 13 Juni, 2024.

Pertemuan tersebut membahas pengangkatan kepala dan pengawas sekolah di Kabupaten Bogor tahun 2024 melalui Sistem Pengangkatan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (KSPS).

Pj. Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bogor berkomitmen, mendukung, dan mensukseskan program dan kebijakan, yang digulirkan oleh Kemendikbud Ristek RI, salah satunya adalah sistem pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah melalui KSPS agar akuntabel serta terintegrasi.

“Kami mendukung proses pengangkatan kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang akuntabel, dan terintegrasi. Sehingga dapat menyeleksi kepala sekolah dan pengawas sekolah yang berkualitas sesuai dengan kriteria dan regulasi yang berlaku,” terang Suryanto.

Suryanto menjelaskan, dengan sistem pengangkatan KSPS, kami dapat mengakses data ketersediaan calon kepala sekolah dan pengawas sekolah yang berkualitas dan sesuai regulasi. Data kebutuhan yang terkoneksi Dapodik dan dapat diperbaharui secara lebih praktis sesuai kondisi lapangan.

“Sehingga dapat menyusun strategi pengembangan kompetensi yang berorientasi pada mutu pembelajaran dan terdokumentasi dalam satu platform digital. Sistem pengangkatan KSPS sangat tepat dalam upaya mendukung good governance,” jelas Suryanto.

Ia menambahkan, dengan sistem pengangkatan KSPS, didapatkan calon kepala sekolah berkualitas, dan sesuai regulasi, baik yang berasal dari guru penggerak, guru yang telah mengikuti diklat CKS, dan guru berpotensi lainnya. Sehingga dapat melakukan mekanisme asesmen yang komprehensif sesuai kebutuhan daerah.

“Semoga, proses pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah sedapat mungkin dilakukan dengan efisien dan transparan, sehingga dengan sistem pengangkatan KSPS dapat memberikan solusi dan harapan,” tandas Pj.Sekda Suryanto Putra.

Rombongan Dirjen Guru Dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud Ristek dipimpin oleh Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan, Kasiman. Hadir mendampingi Pj. Sekda Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) beserta jajarannya.***