Bogorsportif – Menggeluti dunia usaha dan terjun pada bisnis perdagangan dan jasa sama sekali tidak ada dalam benak Dedi Cakra Baidilah salah satu mantan pesepakbola yang pernah membela Persikabo pada awal 2000 an.

Selepas pensiun dari lapangan hijau Dedi Cakra Baidilah atau yang akrab disapa Cakra langsung merintis usaha pada PT Puspa Bangun Perdana ( pbp) yang berhome base di Citeureup, Kabupaten Bogor.

Sudah banyak jenis pekerjaan yang sudah dilakukan Cakra dan kolega yang ada di PT Puspa Bangun Perdana selama ini.

Cakra yang menempati posisi Chief Executif Officer ( CEO) PT Puspa Bangun Perdana bersama rekan rekannya tengah merintis usaha Woodchip Kayu.

” Wood Chip merupakan potongan kayu berukuran kecil hingga sedang yang dibentuk dengan memotong atau memotong potongan kayu yang lebih besar seperti pohon, cabang, sisa penebangan, tunggul, akar, dan limbah kayu,” tegas Cakra belum lama ini

Menurutnya, saat ini Wood chip, atau potongan kayu bisa menjadi pilihan untuk dijadikan bahan bakar biomassa dalam pembakaran.

Lebih lanjut, sambung Cakra, sebagai sumber energi terbarukan maka
Wood chip bisa diperbaharui secara berkelanjutan.

” Limbah limbah kayu bisa menghasilkan Wood chip dan dapat dihancurkan menjadi potongan keci,” tambahnya

Cakra melanjutkan, penggunaan wood chip sebagai bahan bakar setidaknya akan mengurangi ketergantungan kepada sumber energi fosil yang tidak dapat diperbarui,

Penggunaan Woodchip juga lebih ramah lingkungan karena menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan pembakaran bahan bakar fosil.

” Saat ini PT pbp tengah fokus pada Woodchip Kayu yang memang bisa menjadi sumber energi terbarukan. Kita selamanya tak bisa mengandalkan bahan bakar yang bersumber dari fosil,” tegasnya

Bahkan usaha Woodchip Kayu yang tengah dikembangkan Dedi Cakra Baidilah dan jajarannya di PT Puspa Bangun Perdana telah dilakukan riset bersama oleh BRIN ( Badan Riset dan Inovasi Nasional)

” Alhamdulilah BRIN juga telah datang ke Workshop kami dan melakukan riset bersama terkait usaha energi terbarukan yang kami lakukan saat ini” pungkas Cakra.***