Bogorsportif – Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Bogor akan menggelar event bertajuk “Konser Bersama Drum Band : Harmoni Menuju Prestasi”, di Alun-Alun Kota Bogor pada 28 Juli, 2024.

Tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk memperingati Hari Anak Nasional Indonesia (HANI) 2024, yang jatuh pada Selasa (23/7) hari ini. Selain itu, untuk mengembangkan bibit-bibit prestasi calon atlet drum band Kota Bogor di masa depan. Ada sepuluh tim yang mengikuti konser musik drum band ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Irwanto Dewa mengatakan jika event ini merupakan ajang untuk kembali mengenalkan drum band sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) yang mampu mendulang prestasi.

Sebab, kata dia, masyarakat belum terlalu mengenal drum band lantaran minimnya informasi dan juga tak banyak sekolah memiliki ekstrakulikuler. “Konser bersama ini memang untuk lebih menggiatkan drum band sebagai cabor prestasi dan salah satu unggulan mendulang medali bagi Kota Bogor,” ujarnya kepada awak media, Selasa 23 Juli, 2024.

Adapun, sambung Irwanto, tiap peserta diberi waktu sepuluh menit untuk menampilkan kemampuan mereka. Yang artinya ada dua judul lagu yang dibawakan. “Kami tidak menentukan judul lagu, itu diserahkan kepada para peserta sesuai kemampuan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PDBI Kota Bogor, Denny Mulyadi mengapresiasi pelaksanaan “Konser Bersama Drum Band : Harmoni Menuju Prestasi” tersebut. Menurutnya, hal itu sangat baik untuk menggaungkan cabor yang menghasilkan banyak prestasi tersebut. Diantaranya meraih lima keping medali yakni satu emas dan masing-masing dua perak serta perunggu pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022.

Kemudian yang terkini, mengirimkan empat orang atletnya memperkuat kontingen Jawa Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024. “Pada 2026 mendatang, Kota Bogor menjadi tuan rumah Porprov Jabar, dan cabor drum band juga akan diselenggarakan di sini,” tukasnya.***