Bogorsportif – Sebanyak seribu pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK antusias mengikuti Festival Olahraga Pendidikan (FOP) 2024 yang diselenggarakan Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Bogor, di lapangan luar Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu 25 September, 2024.

Dari tiga cabang yang dilombakan, semuanya merupakan olahraga tradisional. Salah satunya adalah lompat tali menggunakan karet gelang.

Kepala.SMPN 2 Sukaraja, Dedi Budi Sukarsi mengatakan, FOP 2024 yang diselenggarakan Kemenpora dengan pelaksana Igornas Kabupaten Bogor merupakan kegiatan yang sangat positif untuk mengembangkan dan membangun olahraga mendasar pada para pelajar.

FOP juga menjadi upaya untuk melestarikan permainan atau olahraga tradisional. “FOP ini kan kegiatanya ada lompat tali, melempar bola dan estafet, tentunya sangat positif bagi anak-anak. Selain badan menjadi bugar mereka juga ikut melestarikan tradisi yang memang mulai dilupakan,” katanya.

Guru olahraga salah satu SD negeri di Kecamatan Cibinong, Rifal mengatakan, festival olahraga yang diadakan Igornas Kabupaten Bogor sangat positif. Menjadi media untuk melestarikan tradisi permainan atau olahraga anak yang nyaris punah karena perkembangan zaman.

“Lompat tali menggunakan karet gelang hampir punah, anak-anak sekarang lebih cenderung bermain dengan gawai, sehingga harus dilestarikan,” ujarnya.

Menurutnya, permainan lompat tali menggunakan karet gelang tidak hanya menyehatkan, tapi juga banyak sekali.manfaatnya. seperti menumbuhkan semangat, menumbuhkan kekompakan, melatih kecermatan, melatih keberanian, membangun jiwa sportivitas dan tentunya membuat gembira anak-anak.

“Mudah-mudahan event seperti ini digelar berkelanjutan oleh Igornas Kabupaten Bogor,” harapnya.

Murid SDN Cibinong 1, Rizki mengaku senang bermain lompat tali menggunakan karet gelang.
“Ternyata asik juga bermain lompat tali,” tuturnya.