Pj.Bupati Bogor Asmawa Tosepu Pimpin Apel Kesiapsiagaan Satpol PP di Gedung Tegar Beriman Senin 05 Februari 2024 || IST

Bogorsportif – Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu memastikan kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor dalam menghadapi dan mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Hal iru ditegaskan Asmawa  saat memimpin apel Kesiapsiagaan Satpol PP, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin, 5 Februari 2024.

Ia menjelaskan, kesiapan dan melaksanakan tugas-tugas pengabdian Satpol PP telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Untuk itu,

Satpol PP memiliki peran penting dan strategis dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sembilan hari lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yakni Pemilu serentak pada tanggal 14 Februari 2024. Terkait hal ini maka, tugas utama Satpol PP memastikan pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Bogor berjalan dengan lancar, aman, tertib, dan kondusif. Salah satunya adalah menjaga keamanan logistik Pemilu,” katanya

Lebih lanjut dikatakan Pj.Bupati, kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi memiliki dua indikator, pertama terciptanya kondusifitas wilayah. Lantaran Satpol PP adalah kepanjangan tangan dari Pemkab Bogor untuk menjaga keamanan. Maka harus selalu bersinergi dengan stakeholder terkait, terutama TNI dan Polri.

“Indikator sukses kedua adalah, tingginya partisipasi politik masyarakat pada Pemilu 2024. Hak konstitusi yang sudah dijamin negara dalam rangka memimpin bangsa lima tahun kedepan wajib digunakan. Satu suara saja menjadi penting untuk masa depan bangsa ini,” tambah Asmawa.

Asmawa menegaskan, jajaran Satpol PP juga harus menjadi corong untuk mengedukasi masyarakat yang sudah memiliki hak suara, minimal di lingkungan keluarganya. Sampaikan bahwa Pemilu itu penting, jadi jangan sampai tidak memilih atau golput.

Saya minta beri pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk sama-sama memberikan hak suaranya ke TPS. Partisipasi politik masyarakat menjadi penting, karena posisi Kabupaten Bogor bukan hanya jadi daerah penyangga ibu kota tetapi memiliki posisi yang strategis. Maka harus menjadi yang terbaik dalam melaksanakan pesta demokrasi ini,” tegasnya

Selain itu, menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, Satpol PP harus memastikan ketentraman, ketertiban, keamanan dan perlindungan masyarakat. Sebab, tantangan di Kabupaten Bogor lebih besar dibandingkan dengan daerah lain, disamping luas wilayah yang besar, juga sebagai Kabupaten dengan jumlah penduduk yang terbanyak di Indonesia, dan termasuk daerah rawan bencana.

“Maka laksanakan dengan bertanggung jawab tugas dan fungsi yang diamanahkan kepada kita,” tukas Pj. Bupati Bogor. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *