Olahraga saat pagi adalah cara memperoleh tidur malam yang nyenyak || Ly

Bogorsportif – Bisa tidur dengan nyenyak merupakan nikmat yang diinginkan semua orang. Dengan tidur yang nyenyak, maka lelah setelah beraktivitas seharian akan hilang dengan sendirinya dan tubuh akan segar kembali.

Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas, karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan tidur.

Penelitian yang dilakukan (Michael Triangto, 2009:46) di Appalachian State University ( dalam kutipan lib.unnes.ac.id ) menemukan bahwa olahraga di pagi hari adalah yang terbaik jika ingin memperoleh tidur malam yang nyenyak.

Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Seorang ahli dalam bidang Jogging, George Sheehan, mendefinisikan dalam bukunya bahwa Jogging adalah aktivitas berlari dengan kecepatan di bawah 6 mil/jam, atau sama dengan 9,7 km/jam.

Aktivitas tersebut sama dengan berlari sejauh 1 km yang ditempuh dalam waktu 6,2 menit. Kecepatan berlari di atas 9,7 km/jam disebut dengan lari/running.

Jogging dapat dilakukan tanpa memiliki keahlian khusus, semua orang dari segalausia dapat melakukan jogging. Jogging juga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, salah satunya jogging dapat dilakukan saat pagi hari.

Perubahan tidur yang terjadi seiring olahraga pagi memberi efek pada tubuh baik secara mental maupun fisik.” Sudahkah sahabat Bogorsportif Jogging pagi ini ? ” (Ly)