Bogorsportif – Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporq) Kabupaten Bogor, mengapresiasi kegiatan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) 2024 yang digelar
Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas).

Dispora pun mendorong Igornas Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) karena keberadaannya berkaitan dengan pembinaan dan penjaringan atlet di tingkatan pelajar.

Sekretaris Dispora Kabupaten Bogor, Hendarsah mengatakan, Igornas merupakan organisasi yang akan memberikan kontribusi positif pada pemerintah daerah di bidang olahraga.

“Mereka (Igornas) ini akan mencetak atlet-atlet pelajar  yang sekian tahun ke depan akan menjadi atlet profesional. Ini tentunya sangat positif,” ujarnya, Rabu (25/9/2024).

Igornas, ia melanjutkan, menjadi bagian dua SKPD. Selain dengan Dispora,juga dengan Dinas Pendidikan (Disdik) karena di dalamnya merupakan guru-guru olahraga dari tingkatan SD, SMP, SMA dan SMK.

Hendarsah juga menekankan pada Igornas Kabupaten Bogor agar bersinergi dan berkolaborasi dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). Sebab kegiatan yang dibidani berkaitan dengan olahraga tradisional.

“Igornas juga harus mensosialisasikan keberedaan dan kegiatan olahraga yang diadakannya. Kemudian terkait event, Dispora akan memberikan support penuh pada Igornas. Adapun anggaran untuk pelaksanaannya bisa bersama-sama, misal FOV yang anggarannya bersumber dari Kemenpora,” katanya.

Sementara itu, Ketua Igornas Kabupaten Bogor, Omay Komara mengatakan, setelah agenda FOP akan berfokus pada internal untuk membuat program kerja terkait keprofesionalan, kemudian juga kegiatan keolahragaan yang meliputi mutu kepelatihan, perwasitan maupun lomba yang akan dilaksanakan