Ratusan Siswa SMPN 1 Babakan Madang Ikuti Pelatihan LDKS & Dianpinru belum Lama Ini || IST

Bogorsportif – Guna Meningkatkan kemampuan siswa dalam memimpin, SMP Negeri 1 Babakan Madang menggelar kegiatan LDKS (latihan dasar kepemimpinan siswa), dan Dianpinru (Gladian Pimpinan Regu).

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala SMPN 1 Babakan Madang, Muhamad Taryana bahwa kegiatan LDKS dan Dianpinru ini berlangsung selama dua hari, yakni 11-12 Oktober 2024.

“Kita melaksanakan kegiatan LDKS dan Dianpinru selama dua hari. Dan kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun pelajaran dilaksanakan, karena kepemimpinan itu harus disiapkan sehingga bakat yang ada bisa terarah,” katanya M Taryana, pada Senin 14 Oktober 2024.

Ia menambahkan bahwa tujuan utama dalam kegiatan ini untukmembentuk kepribadian para peserta didik yang matang untuk menjadi pemimpin yang berkarakter, demokratis, kreatif dan inovatif.

“Kegiatan ini adalah salah satu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Dan sekaligus untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat,” ungkapnya.

M. Taryana menyebut ada sebanyak 125 siswa SMPN 1 Babakan Madang mengikuti kegiatan ini yang dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana LDKS Dewi Ratih dan Ketua Pelaksana DIANPINRU Dian Purwani, serta dibantu oleh para guru pembimbing, para pelatih dan alumni yang turut mensukseskan lancarnya kegiatan tersebut.

“Saya harap kegiatan ini bukan hanya motivasi bagi para peserta didik, melainkan semua peserta ldks dan dian pinru dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh untuk membentuk kedisiplinan diri sendiri,” tuturnya.

Semoga dari kegiatan ini siswa dapat :

  1. Mempersiapkan pengurus yang berkualitas, mampu meningkatkan kompetensi dan memiliki daya saing
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berorganisasi serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan.
  3. Memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik.
  4. Memberikan bekal keterampilan, tuntunan dan meningkatkan pola pikir, sikap dan perilaku, kepribadian, budi pekerti, sopan santun dan disiplin.
  5. Memberikan bekal sebagai pemimpin yang menghayati tugas dan tanggungjawab sebagai pemimpin
  6. Membangun etos kerja yang tinggi sebagai rasa ikut memiliki, melaksanakan dan mengamankan tugas dan tanggung jawab.

Sementara itu Ketua Pelaksana kegiatan LDKS dan DIANPINRU, Dewi Ratih K, dan Hj. Dian Purwani mengatakan dalam kegiatan penutupan berharap dapat membantu meningkatkan kualitas kinerja OSIS dan Dian Pinru di SMPN 1 Babakanmadang.

“Kita berharap dapat membawa manfaat positif bagi siswa dan sekolah. Dan kegiatan ini juga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa lainnya untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. Serta diharapkan lebih baik lagi ditahun mendatang,” terangnya.

Disamping itu Ketua Pengurus Osis SMPN 1 Babakan Madang, M.Furqon mengatakan bahwa para peserta sangat antusiasi mengikuti pelaksanaan kegiatan LDKS dan Dianpinru.

“Kami sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini dan belajar banyak hal baru tentang kepemimpinan. Kami berharap dapat mempraktikkan keterampilan yang kami pelajari di dalam organisasi dan membawa manfaat positif bagi siswa dan sekolah,” tukasnya.**