Raema Lisa Rumbewas || IST

Bogorsportif – kabar duka menyelimuti dunia olahraga Indonesia pada Minggu 15 Januari 2024, Legenda angkat besi Raema Lisa Rumbewas meninggal dunia. Atlet kebanggaan Tanah Air ini Wafat pada dini hari WIT di RSUD Jayapura.

Diketahui, Lisa adalah atlet angkat besi kelahiran Jayapura, Papua, 10 September 1980 dan Semasa masih aktif menjadi atlet angkat besi, sejumlah prestasi mentereng berhasil Lisa persembahkan untuk Merah Putih.

Kabar duka tersebut mengejutkan publik, hingga orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan duka cita.

Menurut Presiden Jokowi, Lisa Rumbewas adalah salah satu putri terbaik bangsa ini,”Indonesia kehilangan salah satu putri terbaik bangsa. Insan olahraga yang tanpa henti berkomitmen dan mengukir sejarah untuk negeri ini,” kata Jokowi dikutip dari akun Instagram pribadinya, Minggu 14 Januari 2024

Berikut  deretan prestasi mentereng Lisa Rumbewas yang disebutkan Jokowi, Meraih medali di tiga olimpiade berbeda,  meraih medali Perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008.

Selain tiga keping medali Olimpiade, Lisa juga mengharumkan nama Indonesia lewat beragam prestasi di dunia angkat besi. Di antaranya, medali perak nomor -53kg di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 di Santo Domingo, Republik Dominika. Dan perunggu Asian Games 2002 di Busan pada kelas -48kg.

Selain itu, Ia juga mampu mengoleksi medali di tiga edisi berbeda SEA Games. Perunggu di SEA Games 2003 Hanoi, perak di SEA Games 2005 Manila, dan emas di SEA Games 2009 Vientiane.***




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *